Rabu, 03 Agustus 2016

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Hati Atau Liver

Pantangan Makanan Untuk Penyakit Hati Atau Liver, Apa saja jenis makanan yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver ? dan jenis makanan apa yang harus dihindari bagi penderita penyakit liver ? Perlu diketahui bahwa pola makan yang dapat memicu terjadinya penyakit liver adalah jenis makanan yang mengandung banyak lemak, sehingga mengakibatkan penumpukan lemak berlebih yang pada akhirnya menjadi kristal diempedu yang mengakibatkan luka dan jika terdapat kuman maka akan menimbulkan infeksi atau radang. 
Pantangan Makanan Untuk Penyakit Hati Atau Liver

Sebenarnya yang paling ahli dalam menentukan diet adalah dokter spesialis gizi klinik/ahli gizi, 
dan untuk menentukan diet/program makan yang tepat untuk seseorang perlu dilakukan penggalian riwayat lebih rinci mengenai berat badan, tinggi badan, penyakit yang diderita, dll agar lebih sesuai.

Penyakit organ hati bermacam-macam, baik hepatitis, sirosis, hepatoma/kanker hati, dan lain sebagainya. Oleh karena itu yang Ippah sampaikan juga kurang jelas,
penyakit apakah yang diderita teman Ippah tersebut.
dr. Mega Muzdalifah

Tetapi ada beberapa panduan diet untuk penyakit hati yang mungkin bisa membantu, yang tujuannya untuk melindungi organ hati dan mencegah hati bekerja terlalu keras:
  • Orang yang memiliki penyakit pada organ hati kemungkinan tidak bisa mencerna protein dengan baik, sehingga pembatasan protein diperlukan dan mengurangi hasil metabolisme protein yang bersifat toksik. Makanan yang tinggi protein diantaranya putih telur, ikan, daging-dagingan, dll.
  • Untuk mengimbangi protein yang dibatasi, asupan karbohidrat perlu ditingkatkan. Tetapi perlu juga dipilih sumber karbohidrat yang baik, misalnya nasi, singkong, jagung, dll tetapi tentunya lebih bijaksana jika bertanya pada ahli gizi.
  • Meminum vitamin dan obat-obatan yang diresepkan dokter
  • Membatasi asupan garam, pilihlah makanan yang rendah garam. Hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi seperti ikan asin, teri, mie instan, dll.
Baca Juga :
Apabila petunjuk di atas terlihat sangat rumit, Ippah bisa berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam yang merawat teman Ippah atau dokter ahli gizi agar lebih sesuai, karena perlu dipertimbangkan juga kondisi lainnya misalnya banyaknya aktivitas, kesehatan organ lain dan lain sebagainya.

Selain makanan dan obat-obatan, perlu juga dilakukan perubahan pola hidup, yaitu dengan menghindari minuman keras dan merokok, berolahraga teratur, tidak mengonsumsi sembarang obat tanpa resep dokter, dan gaya hidup.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Liver :
  • Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, nanas, nangka, anggur
  • Hindari daging sapi, daging kambing, atau daging ayam yang berlemak.
  • Hindari makanan seafood seperti udang, cumi-cumi, kepiting, kerang
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan bahan pengawet.
Baca Juga :
Saran dan Anjuran Bagi Penderita Liver :
  • Konsumsi sayuran segar. Antara lain : Kubis, leunca, buncis, wortel, pare, brokoli, sambung nyawa, bit, dan bawang putih.
  • Konsumsi Jus Buah. Antara lain : Belimbing manis, apel malang, jeruk, pepaya, jambu biji, tomat.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang di panggang, makanan yang digoreng berulang kali, nasi kemarin.
  • Hindari asap rokok.
  • Apabila menegkonsumsi sayuran yang dimasak sendiri, bisa ditambahkan bumbu dari tanaman herbal seperti pegagan, sambung nyawa, mahkota dewa, daun salam.
  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari stres dan tingkatkan keyakinan untuk sembuh.
Untuk Anda yang sedang mencari pengobatan liver atau penyakit hati yang paling aman anda bisa menggunakan pengobatan herbal dari Ektrak teripang yang mempunyai manfaat dalam melindungi hati dan mencegah bahkan menyembuhkan penyakit hati/ liver dengan cepat dan aman.

Untuk infomasi lebih lengkap tentang pengobatan herbal untuk obat penyakit liver/ hati bisa KLIK Obat Herbal QnC Jelly Gamat Untuk Penyakit Liver/ hati

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga membantu ya. Sumber. dr. Mega

Baca Juga Artikel Lainya :
Share:
Lokasi: Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar